Gandum berkulit
hitam (Hhkk) disilangkan dengan
gandum berkulit
kuning (hhKk), hitam epistasis
terhadap kuning
maka keturunannya ...
A. hitam semua
B. kuning semua
C. 50% hitam,
50% kuning
D. 50% hitam,
25% kuning, 25% putih
E. 25% hitam,
50% kuning, 25% putih
UAS-05-35
Dari pembastaran
antara genotip Bb dengan Bb dimana
gen b bersifat
lethal, keturunan yangdiharapkan hidup
adalah ...
A. 25%
B. 40%
C. 50%
D. 60%
E. 75%
UAS-05-36
Apabila suami
isteri memiliki golongan darah A, maka
kemungkinan
golongan darah anak-anaknya adalah …
A. A dan O
B. AB
C. A
D. O
E. B dan O
UAS-05-37
Pada Drosophila
melanogaster, tubuh kelabu sayap
panjang dominan
terhadap tubuh hitam sayap pendek.
Dalam suatu
eksperimen diperoleh keturunan sebagai
berikut:
Tubuh kelabu
sayap pendek 944
Tubuh hitam
sayap panjang 965
Tubuh hitam
sayap pendek 185
Tubuh kelabu
sayap panjang 206
Maka nilai
pindah silangnya ...
A. 17%
B. 41%
C. 42%
D. 58%
E. 83%
UAS-05-38
Berikut ini
tahap-tahap pembentukan benda-benda di
angkasa raya:
1. hujan turun
membentuk samudera
2. terbentuk
debu-debu nebula
3. terbentuk
kompleks tata surya
4. terbentuk
galaksi-galaksi
5. bumi dalam
keadaan panas
Urutan yang
tepat proses di jagat raya yang mengawali
pembentukan
makhluk hidup pertama adalah ...
A. 2-3-4-5-1
B. 2-4-3-5-1
C. 3-2-4-5-1
D. 3-4-5-2-1
E. 4-2-3-5-1
UAS-05-39
Perhatikan model
eksperimen Stanley Miller ini.
Tempat air
mendidih, sumber daya, dan air yang
mengandung bahan
organik secara berturut-turut
adalah nomor ...
A. 1,2, dan 4
B. 1,3, dan 5
C. 2,3, dan 4
D. 2.4, dan 5
E. 3.4, dan 5
UAS-05-40
Diketahui
persentase orang normal (tidak albino)
dalam suatu
populasi penduduk adalah 64%, berarti
frekuensi
genotip AA : Aa : aa dalam populasi tersebut
adalah ...
A. 48 : 36 : 16
B. 36 : 16 : 48
C. 16 : 48 : 36
D. 36 : 48 : 16
E. 16 : 36 : 48
UAS-05-41
Berikut ini
contoh homologi dan analogi organ tubuh
manusia:
1. sayap
kupu-kupu dengan sayap burung
2. sayap
kupu-kupu dengan tangan manusia
3. kaki depan
kuda dengan tangan manusia
4. sayap
kupu-kupu dengan sayap kelelawar
5. kaki depan kuda
dengan kaki depan gajah
Yang termasuk
organ homolog adalah ...
A. 1 dan 4
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5
UAS-05-42
Faktor yang
tidak berpengaruh terhadap penyebarar
organisme di
muka bumi adalah ...
A. hubungan
ekologi masa lampau
B. sejarah dan
iklim masa lampau
C. bentuk dan
susunan suatu benua
D. interaksi
antar komponen lingkungan
E. kemampuan
manusia mengubah dan mengatu
ekologi
UAS-05-43
Suatu
biomamempunyaiciri-ciri:
1. curah hujan
225 - 250 cm Hg
2. spesies
pepohonan beraneka ragam
3. pohon
berbentuk kanopi
4. memiliki
iklim mikro
Berdasarkan
ciri-ciri tersebut dapat diasumsikan
sebagai bioma
...
A. hutan gugur
B. padang rumput
C. hutan basah
D. taiga
E. tundra
UAS-05-44
Pemanfaatan
bakteri untuk mendapatkan insulin bagi
kehidupan manusia
dilakukan dengan cara teknologi …
A.
kulturjaringan
B. rekayasa
genetika
C. pembuatan
vaksin
D. mutasi dan
hibridisasi
E. fermentasi
UAS-05-45
Berikut ini
beberapa bahan makanan yang difermentasikan
oleh
mikroorganisme dengan produk-produl
nya :
No. Bahan
Mikroorganisme Produk
1 susu
Streptococus yoghurt
2 kedelai
Aspergillus tempe
3 kedelai
Rhizopus kecap
4 singkong
Sacharomyces tape
5 susu
Aspergillus krim asam
Hubungan yang
benar antara bahan mentah dengan
mikroorganisme
dan produknya adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
Soal Uraian:
UAS-05-46
Gambar ini
memperlihatkan jamur Rhizopux
oligosporns yang
dimanfaatkan dalam pembuatan
tempe. 2
a. Berilah nama
pada bagian yang bernomor 1, 2 dan
3 !
b. Apakah
peranan jamur ini pada proses pembuatan
tempe ?
UAS-05-47
Sebutkan organ
pembentuk sistem pernafasan pada
manusia!
UAS-05-48
Kelenjar
Pankreas berfungsi sebagai kelenjar eksokrin
dan endokrin,
jelaskan !
UAS-05-49
Pada suatu
daerah presentasi laki-laki buta warna
sebesar 4 %.
Carilah presentasi wanita carier dan
wanita buta
warna !
UAS-05-50
Sebutkan
upaya-upaya yang dilakukan manusia agar
sumber daya alam
hayati tetap terjaga kelestariannya
dalam arti
memberi manfaat dalam jangka waktu yang
lama
dan bcrkesinambungan dari generasi ke generasi!
Ujian Akhir
Nasional
Tahun 2006
Biologi
UAS-06-01
Siswa secara sistematik mengurut klasifikasi seekor
kucing, adaiah ...
A. Carnivora – chordata – mammalia – felidae –
vertebrata – felis
B. Mammalia – vertebrata – chordata – carnivora –
felidae – felis
C. Chordata – vertebrata – mammalia – carnivora –
felidae – felis
D. Vertebrata – chordata – carbivora – mammalia –
felis – felidae
E. Felidae – chordata – mammalia – vertebrata –
carbivora – felis
UAS-06-02
Manakah perbedaan yang tepat antara Kingdom
Monera dan Protista pada label berikut!
Kingdom Monera Kingdom Protista
A.
B.
C.
D.
E
Bersel tunggal
Prokariotik
Memiliki alat gerak
Hidup berkoloni
Reproduksi secara
seksual
Bersel banyak
Eukariotik
Tidak memiliki alat gerak
Hidup soliter
Reproduksi aseksual dan
seksual
UAS-06-03
Perhatikan gambar di bawah ini!
Di antara tumbuhan tersebut yang termasuk golongan
lumut nomor ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
UAS-06-04
Tingkat erosi di daerah aliran sungai (DAS) Cijolang
110,41/ton/ha/th dan DAS Cisanggarung 54 ton/ha/th,
sementara itu ambang batas erosi yang diperbolehkan
masing-masing 6 ton/ha/th dan 7,25 ton/ha/th. Kondisi
ini dapat menyebabkan pendangkalan sungai sehingga
terjadi banjir pada musim hujan. Upaya yang harus
dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah ...
A. Meluruskan sungai sehingga laju air meningkat
B. Membuat aturan pembuangan limbah dari pabrik
C. Membuat tanggul di sepanjang daerah aliran sungai
D. Mengeruk dasar sungai sehingga menjadi lebih
dalam
E. Melakukan reboisasi di sepanjang daerah aliran
sungai.
UAS-06-05
Berdasarkan hasil pengamatan para ahli diperoleh
informasi bahwa organel tertentu hanya terdapat pada
sel hewan dan akan tampak peranannya pada saat
pembelahan sel. Organel manakah yang dimaksud
keterangan tersebut ...
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
UAS-06-06
Pada saat praktikum, seorang siswa mengamati sayatan
melintang daun dengan menggunakan mikrbskop. Hasil
pengamatan menunjukkan adanya jaringan dengan ciriciri
sebagai berikut:
- bentuk sel seperti balok
- sel-selnya tersusun rapat
- dilapisi kutikula
Berdasarkan ciri-ciri di atas, siswa nienyimpulkan
bahwa jaringan tersebut berfungsi sebagai ...
A. pelindung
B. tempat fotosintesis
C. alat pengangkut
D. tempat penyerapan
E. tempat pertukaran udara
UAS-06-07
Gambar di samping ini merupakan
berbagai jaringan yang
menyusun organ usus halus.
Jaringan pada organ usus tersebut
yang berfungsi menyerap sari
makanan ditunjukkan pada
gambar bernomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
UAS-06-08
Seseorang mengalami kecelakaan lalu
lintas dan setelah diperiksa dengan
menggunakan sinar X, tampak
kelainan pada tulang pahanya seperti
gambar di samping. Kelainan tulang
tersebut dinamakan ...
A. Skoliosis
B. Kofosis
C. Lordosis
D. Fraktura
E. Fisura
UAS-06-09
Perhatikan gambar bagan penampang jantung di bawah
ini!
Pembuluh darah yang membawa darah kaya akan
oksigen adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
UAS-06-10
Fungsi organ yang diberi nomor X pada gambar di
bawah ini adalah .„...
A. Menyerap asam amino dan
glukosa
B. Mencerna disakarida secara
kimiawi
C. Menghasilkan ptyalin untuk
mencerna amilum
D. Menghasilkan amilase, lipase,
dan tirpsinogen
E. Menghasilkan tripsinogen dan
pepsi-nogen
UAS-06-11
Gambar di bawah ini memperlihatkan percobaan
tentang pernapasan pada kecambah yang dilakukan
oleh beberapa siswa.
Faktor yang menyebabkan larutan berwarna bergerak
ke arah kecambah karena ...
A. CO2 dan
NaOH diserap kecambah untuk fotosintesis
B. CO diserap oleh kecambah dari NaOH
diikat oleh
O2
C. O2 digunakan
untuk respirasi dan CO2 diikat
oleh
NaOH
D. O2 dan
CO2 digunakan
untuk fotosintesis oleh
kecambah
E. O2 dan
NaOH diserap kecambah untuk respirasi
UAS-06-12
Dari hasil uji urine seseorang diperoleh data:k
No. Perlakuan Hasil Pengamatan
1. Urine + Biuret Tidak berubah
2. Urine + Fehling A dan
B dipanaskan Warna merah bata
3. Urine + PerakNitrat Endapan putih
4. Urine dipanaskan Bail ammonia
Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa orang
tersebut ...
A. Menderita albuminuria
B. Tidak ada kelainan pada ginjal
C. Terjadinya gangguan pada filtrasi
D. Menderita diabetes melitus
E. Ada radang pada kandung kemih
UAS-06-13
Urutan jalannya rangsang pada lengkung refleks
sederhana adalah ...
A. Reseptor - serabut sensosir - efektor - serabut saraf
motors - serabut saraf konektor
B. Reseptor - serabut saraf sensoris - serabut sarat
konektor - serabut saraf motoris - efektor
C. Reseptor - serabut saraf motoris - serabut saraf
sensoris - efektor
D. Reseptor - serabut saraf motoris - serabut saraf
konektor - serabut saraf sensoris - efektor
E. Reseptor - serabut saraf konektor - serabut saraf
sensorisi - serabut sarat motoris - efektor
UAS-06-14
Perbedaan kerja sistem saraf dan sistem endoktrin
adalah ...
Faktor pembeda
Sistem saraf Sistem
A zat kimia sebagai
penghantar rangsang tidak ada ada
B sumber rangsang luar dan dalam
tubuh dalam tubuh
C respon terhadap
rangsang cepat lambat
D target respon tidak langsung langsung
E peran dalam tubuh mengatur
keseimbangan
memelihara
keseimbangan
UAS-06-15
Perhatikan gambar organ reproduksi wanita di
samping. Fungsi organ P adalah ...
A. tempat berlangstingnya proses
oogenesis
B. tempat berlangsungnya
peristiwa fertilisasi
C. tempat pertumbuhan dan
perkembangan embrio
D. tempat menempelnya plasenta
E. sebagai jalan keluarbayi pada saat dilahirkan
UAS-06-16
Hormon-hormon yang berpengaruh di dalam siklus
menstruasi adalah ...
A. androgen dan ekstrogen
B. estrogen dan progesteron
C. prolaktin dan laktogen
D. angdrogen dan laktogen
E. somatotrop dan estrogen
UAS-06-17
Gaos melakukan percobaan seperti pada gambar di
bawah ini. Variabel yang dia buat untuk rancangan
percobaannya ini adalah ...
A. Tumbuhan sebagai variabel kontrol
B. Data tinggi tumbuh sebagai variabel kontrol
C. Arah sinar matahari sebagai variabel bebas
D. Hasil pengukuran sebagai variabel bebas
E. Tempat gelap sebagai variabel terikat
UAS-06-18
Tuti sedang melakukan pengamatan pertumbuhan dan
tumbuhan. Dia ingin membuktikan bahwa suhu berpengaruh
terhadap pertumbuhan kedua tumbuhan
tersebut. tumbuhan ke-1 ditempatkan di tempat gelap
sebagai variabel kontrol, sedangkan tumbuhan ke-2
ditempatkan di tempat terang. Kedua tumbuhan
merupakan tumbuhan sejenis. Kesalahan apa yang dia
lakukan dalam percobaan tersebut?
A. Tidak terdapat variabel bebas untuk kedua
tumbuhan tersebut
B. Tidak melakukan pengukuran suhu lingkungan
C. Menggunakan tumbuhan sejenis untuk tempat
berbeda
D. Tempat yang dipilih tidak sesuai dengan tujuan
pengamatan
E. Variabel kontrol seharusnya tumbuhan ke-2
UAS-06-19
Bila sumbu X menunjukkan waktu, Y kecepatan
tumbuh. Grafik yang menunjukkan kecepatan
pertumbuhan kecambah di tempat gelap dan di tempat
terang adalah ...
A. D.
B. E.
C.
UAS-06-20
Perbedaan antara respirasi aerob dan anaerob adalah …
Respirasi aerob
Respirasi anaerob
A. Energi yang dihasilkan
kecil
Energi yang dihasilkan
besar
B. Berlangsung di
sitoplasma
Berlangsung di
mitokondria
C. Terbentuk CO2, H2O
dan ATP
Terbentuk asam laktat/
alkohol dan ATP
D. Tahapan reaksi lebih
sederhana
Tahapan reaksi sangat
kompleks
E. Tidak memerlukan
oksigen bebas
Memerlukan oksigen
bebas
UAS-06-21
Diagram berikut ini memperlihatkan jalur respirasi.
Proses glikolisis ditunjukkan pada tahap ...
A. Q dan S
B. Q dan R
C. P dan Q
D. R dan S
E. P dan R
UAS-06-22
Asam piruvat hasil proses glikolisis dalam keadaan
aerob akan diubah menjadi asetil ko-A, NADH2 dan
CO2 yang
yerjadi pada:
A. matrik mitokondira
B. sitoplasma
C. plastida
D. sentrosom
E. protoplasma ,
UAS-06-23
Persamaan reaksi kimia anabolisme adalah ...•
A. 12 H2O
+ C6HI2O6
→ 6 CO2
1 12 H2O
B. C6H12O6
+ 12 H2O → 6
C02 +
12 H2O
C. C6HI2O6
→ 6 C02
+ 12 H2O + energi
D. C2H5OH + O2
→ CH3COOH + H2O + energi
E. 6 CO2 +
6 H2O
→ C6H12O6 + 6 O2
+ energi
UAS-06-24
Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia pada
fotosintesis berlangsung dalam ...
A. plastida
B. tilakoid
C. C stroma
D. grana
E. mitrokondria
UAS-06-25
Perhatikan gambar perangkat percobaan Ingenhousz di
bawah ini! Perangkat seperti gambar dibuat empat
buah dan diberi tanda 1, 2, 3, dan 4.
1. Diletakkan pada tempat terkena
cahaya matahari
2. Diletakkan di tempat teduh
3. Diletakkan pada tempat terkena
cahaya dan ditambah NaHCO3
4. Diletakkan di tempat terkena
cahaya dan diberi es sehingga
suhunya menjadi 15-20bC.
Dari data pengamatan pada gambar tiga lebih banyak
terbentuk gelembung O2. Kesimpulan yang dapat
diambil dari percobaan di atas adalah …
A. CO2 sangat
berperan dalam fotosinthesis
B. H2O
tidak berperan dalarn fotosinthesis
C. Cahaya tidak berperan dalaffl fotosinthesis
D. Pada fotosinthesis dihasilkan CO2
E. Suhu tidak berpengaruh terhadap fotosinthesis
UAS-06-26
Jika makhluk di muka bumi lebih banyak melakukan
katabolisme daripada anabilisme maka akan terjadi ...
A. Persediaan bahan makanan melimpah
B. Jumlah oksigen di atmosfer berlebihan
C. Makhluk herbivora lebih banyak daripada
karnivora
D. suhu bumi meningkat karena kelebihan
karbondioksida
E. energi yang dihasilkan mengakibatkan efek rumah
kaca
UAS-06-27
Berikut skema hubungan antara katabolisme
karbohidrat, lemak dan protein:
Dari skema di atas, hasil pemecahan lemak yang akan
masuk ke dalam jalur glikolisis adalah ...
A. asam amino
B. asam lemak
C. asam piruvat
D. asam lemak dan gliserol
E. gliserol
UAS-06-28
Perhatikan label kandungan gizi pada beberapa
macam.tnakanan dalam berat 100 gr di bawah ini!
Kandungan Gizi
No Jenis
makanan KH
(mg)
Lemak
(mg)
Prot.
(mg)
Vit.A
(UI)
Vit.B
(mg)
Vit.C
(mg)
A gado-gado 60 45 28 30 1 3,5
B singkong
goreng 35 100 1,2 60.000 0,06 3,0
C tumis
kangkung 9 1,3 5,7
6.300 0,07 3,2
D jagung
rebus 33,1 1,3 5,0 435 0,24 8
E kue dari
singkong 40 40 13
61.000 0,17 30
Berdasarkan label di atas, maka makanan yang rendah
kalori adalah ...
A. gado-gado
B. singkong goreng
C. tumis kangkung
D. jagung rebus
E. kue dari singkong
UAS-06-29
Gambar sepotong molekulADN
Satu nukeotida ditunjukkan oleh nomor ...
A. 5 – 6 – 8
B. 4 – 1 – 2
C. 2 – 3 – 7
D. 2 – 3 – 1
E. 1 – 2 – 3
UAS-06-30
Berdasarkan gambar di atas, bentuk kromosom b dan d
dinamakan ...
A. Metasentrik dan sub metasentrik
B. Metasentrik dan akrosentrik
C. Telosentrik dan sub metasentrik
D. Telosentrik dan akrosentrik
E. Sub metasentrik dan akrosenteik
UAS-06-31
Salah satu peristrwa perkembangan embrio manusia
adalah pembentukan testis, terjadi melalui pembelahan
sel. Hasil sel anak dalam peristiwa pembelahan ini
memiliki jumlah kromosom ...
A. 13 kromosom
B. 22 kromosom
C. 23 kromosom
D. 44 kromosom
E. 46 kromosom
UAS-06-32
Pembelahan miosis II terhadap oosit sekunder pada
oogenesis menghasilkan ...
A. Satu polosit sekunder dan satu ootid
B. Dua ootid
C. Satu ootid satu ovum
D. Dua polosit sekunder
E. Tiga polosit dan satu ovum
UAS-06-33
Sepasang suami istri harus ke rumah sakit untuk
memperoleh penanganan khusus pada kehamilan
anaknya yang kedua, sehubungan dengan golongan
darah yang dimiliki mereka. Faktor yang mungkin
mengganggu keselamatan kelahiran anak tersebut
adalah ...
A. thalasemia
B. siklemia
C. haemofilia
D. aglutinogen
E. factor rhesus
UAS-06-34
Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat buta warna
yang terpaut kromosom X, jika C untuk penglihatan
normal dan c untuk buta warna. Orang yang
mempunyai genetik Cc adalah ...
█ : laki-laki buta warna
☻: perempuan buta warna
: laki-laki normal
O : perempuan normal
A. 6
B. 5
C. 4
D. 3.
E. 2
UAS-06-35
Jika individu bergenotif AaBbCcDd gen C dan D bertautan,
maka macam gamet yang terbentuk adalah …
A. 4
B. 6
C. 8
D. 12
E. 16
UAS-06-36
Perhatikan gambar kerusakan kromosom di bawah ini!
A. inverse
B. katenasi
C. translokasi
D. delesi
E. duplikasi
UAS-06-37
Berikutadalah ciri-ciri mutan:
1. jumlah kromosom 47
2. ovarium menyusut
3. keterbelakangan mental
4. testis kecil
5. anti sosial
Penderita syndrome Klinefelter memiliki ciri ...
A. 1, 2, 3
B. 1, 4, 5
C. 2, 3, 5
D. 3, 4, 5
E. 4, 3, 1
UAS-06-38
Pernyataan di bawah ini yang merupakan peristiwa
evolusi biologi adalah ...
A. terbentuknya asam amino pertama di muka bumi
sebagai zat yang mirip virus
B. perbedaan warna bunga pada tumbuhan sejenis
karena pemberian hormon
C. siput sawah bereproduksi secara vivivar sedangkan
siput lainnya ovivar
D. perbedaan ukuran tubuh pada dua tumbuhan
sejenis karena pemupukan
E. peningkatan populasi ngengat berwarna gelap di
daerah pemupukan
UAS-06-39
Pasangan dua organ yang dimiliki. dua macam organisme
di bawah ini menunjukkan adanya homologi ...
A. alat gerak ikan paus dengan sirip ikan kakap
B. kaki depan kuda dengan tangan manusia
C. sayap serangga dengan sayap burung
D. insang berudu dengan insang ikan gabus
E. kaki kecoa dengan kaki tikus
UAS-06-40
Diketahui frekuensi gen orang albino pada suatu
masyarakat adalah 16 di antara 10.000 orang.
Berapa persenkah orang pembawa sifat albino ...
A. 77,8%
B. 76,8%
C. 67,8%
D. 7,68%
E. 7,78%
URAIAN
UAS-06-41
Perhatikan bagan siklus hidup cacing hati Fasciola
hepatikal
a. Tuliskan nama tdhap pada bagian yang diberi
riomor 1, 2, dan 3!
b. Tahap mana yang berada di dalam tubuh inang
sementara?
c. Apa peran cacing ini bagi manusia?
UAS-06-42
Tiga orang siswa Rudi, Sita dan Riri masing-masing
bergolongan darah AB, O dan A. Hasil uji tampak pada
diagram di bawah ini:
Zat/Sampel P Q
X
Y
Z
Menggumpal Tidak menggumpal
a. Siapakah pemilik sampel X, Y, dan Z?
b. Teatukan zat apa yang diteteskan pada kolom P
dan Q!
UAS-06-43
Seorang siswa melakukan percobaan mengenai
respirasi tumbuhan dengan perangkat alat seperti
gambardi bawah!
a. Apa yang terjadi dengan
keadaan permukaan air A
dan B setelah percobaan
berlangsung 45 menit?
b. Apa fungsi KOH dalam
percobaan tersebut?
UAS-06-44
Di bawah ini adalah gambar dari sebagiari molekul
DNA urutan polinukleotidanya sudah terurai.
Diketahui translasi kodon-kodon berikut:
Kodon Asam amino
SAG
UUU
AAA
GGG
SSS
SGG
GSS
ASG
UGS
Gulatami
Fenilatanin
Lisin
Gilisin
Prolin
Arginin
Alanin
Treonin
Sistein
Berdasarkan data di atas jawablah pertanyaan berikut:
a. Tentukan urutan basa nitrogen hasil transkripsi
DNA (RNAm) !
b. Tentukan urutan basa nitrogen pada RNA!
c. Tentukan rangkaian asam amino yang tersusun
hasil translasi!
UAS-06-45
Perhatikan peta silsilah berikut:
Keterangan:
a. Tentukan genotip nomor 1, 2, 3, 4 dan 11!
b. Jika nomor 10 menikah dengan wanita normal,
tentukan kemungkinan anak-anaknya yang akan
dilahirkan!
Evaluasi
Belajar Tahap Akhir Nasional
Tahun
1986
Bahasa
Indonesia
MOBIL LISTRIK
Kendaraan
listrik yang kini muncul dalam lalu lintas jalan raya, banyak diperbincangkan
dalam masyarakat yang ingin bebas dari pengotoran udara. Meskipun belum banyak
digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun mobil yang diperlengkapi dengan
tenaga baterai, kini mulai bermunculan. Sementara itu perbaikan terus
dilakukan, oleh pabrik baterai dan maskapai pembangkit tenaga listrik yang
mencari pasaran baru.
Munculnya
model baru mobil listrik pada pameran Motor Intemasional Tokyo 1971
menyebab-kan perhatian masyarakat terhadap mobil listrik semakin besar.
Rintangan terbesar pada mobil listrik terletak pada bidang berat dan ukuran,
Bila kedua masalah itu terpecahkan, maka jenis kendaraan yang bebas suara
berisik dan pengotoran gas buangan ini diduga akan menguasai jalan raya dan
kota Jepang.
Mobil
listrik Jepang pertama adalah model pesiar untuk enam penumpang yang dibuat
berdasarkan percobaan di sekolah Menengah Industri Atas di Kobe pada tahun
1924. Mobil itu mempunyai bentuk yang diperbaharui dari kendaraan bermesin yang
digunakan dengan tenaga bensin, Kemudian pada tahun 1929 Panitia Penelitian
Mobil Listrik dibentuk dalam lingkungan Perhimpunan Ahli Listrik Jepang
dipimpin oleh Maskapai Pabrik Pesawat Terbang Nakajima. Peristiwa itu
mencerminkan pertumbuhan mobil listrik pada awal tahun 1990-an.
Sekalipun
pekerjaan diteruskan oleh Maskapai Pabrik Pesawat Terbang Nakajima (kini
bergabung dengan Nissan Motor) dan Yuasa Battery Company, tapi barulah pada
tahun 1966, mobil listrik menjadi pusat perhatian khalayak ramai, jadi
bersamaan waktunya dengan terasanya kebutuhan akan kendaraan yang bebas suara
berisik dan pengotoran gas buangan.
Dari buku
Pelajaran Bahasa Indonesia
SMA 1 hal 66 -
67
EBTANAS-SMA-86-01
Jenis
mobil yang telah dirakit dan dipasarkan di Indonesia sekarang ini pada umumnya
mobil yang menggunakan bahan bakar ...
A.
gas bumi
B.
listrik
C.
minyak bumi
D.
batu bara
E.
alkohol
EBTANAS-SMA-86-02
Perusahaan
yang memimpin mengolah model mobil listrik baru pada awal abad XX adalah ...
A.
Pabrik pesawat terbang Nakajima
B.
Perusahaan Honda Motor
C.
Perusahaan Yuasa Battery
D.
Perusahaan Suzuki Motor
E.
Perusahaan Kawasaki Motor
EBTANAS-SMA-86-03
Rintangan
yang dialami dalam pengembangan mobil listrik adalah ...
A.
bahan baku
B.
bahan bakar
C.
berat dan ukuran
D.
kualitas
E.
pemasaran
EBTANAS-SMA-86-04
Listrik
yang digunakan untuk menggerakkan mobil listrik ini adalah ...
A.
listrik tenaga diesel
B.
listrik tenaga uap
C.
listrik tenaga air
D.
listrik tenaga baterai
E.
listrik tenaga dinamo
EBTANAS-SMA-86-05
Kemajuan
teknologi permobilan masa kini telah berhasil menggunakan selain listrik juga
jenis mobil dengan bahan bakar sebagai berikut, kecuali ...
A.
minyak bumi
B.
gas bumi
C.
tenaga listrik
D.
alkohol
E.
batu bara
EBTANAS-SMA-86-06
Dorongan
yang paling utama yang menyebabkan Jepang menciptakan mobil listrik ini adalah
...
A.
kebisingan dan polusi udara
B.
kesukaran bahan bakar minyak
C.
kesukaran suku cadang
D.
persaingan teknologi barat
E.
hanya sebagai suatu penemuan baru
EBTANAS-SMA-86-07
Di
bawah ini adalah pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan isi wacana di atas, kecuali
...
A.
Percobaan mobil listrik yang pertama di Jepang pada tahun 1924
B.
Muncul lagi mobil listrik pada Pameran Motor Intemasional 1971 di Jepang
C.
Mobil listrik telah dipasarkan untuk pemakaian dalam negeri di Jepang
D.
Mobil listrik diciptakan untuk mengganti mobil bahan bakar minyak yang
menyebabkan kebisingan dan polusi udara
E.
Nakajima adalah sebuah perusahaan pesawat terbang di Jepang
EBTANAS-SMA-86-08
Apabila
kelima paragraf wacana di atas dianalisis secara kronologis (urutan waktu)
penciptaan mobil listrik akan terlihat urutan tahun yang benar sebagai berikut
...
A.
1971 – 1924 – 1929 – 1966
B.
1971 – 1966 – 1929 – 1924
C.
1924 – 1966 – 1971 – 1929
D.
1924 – 1929 – 1971 – 1966
E.
1924 – 1929 – 1966 – 1971
EBTANAS-SMA-86-09
Konsonan
/p/ pada kata 'paham', 'pikir' sering berubah menjadi konsonan /f/. Hal
ini disebabkan ...
A.
konsonan /f/ adalah nasal, konsonan /p/ adalah bilabial
B.
daerah artikulasi kedua konsonan tersebut sama/hampir sama
C.
artikulatornya berbeda
D.
konsonan /p/ adalah oral sedangkan konsonan / f/ adalah nasal
E.
perubahan kedua konsonan tersebut terdapat pada unsur serapan
EBTANAS-SMA-86-10
Yang
tertera di bawah ini adalah alat kalimat, kecuali ...
A.
urutan kata
B.
bentuk kata
C.
intonasi dan tanda baca
D.
kata tugas
E.
makna kata
EBTANAS-SMA-86-11
Kalimat
di bawah ini yang mengandung maksud bahwa Hasan orang yang berbudi luhur, adalah
kalimat yang jedanya sebagai berikut ...
A.
Menurut cerita ibu // Ratna // Hasan // orang yang berbudi luhur
B.
Menurut cerita // ibu Ratna // Hasan // orang yang berbudi luhur
C.
Menurut cerita ibu Ratna//Hasan//orang yang berbudi luhur
D.
Menurut cerita ibu // Ratna Hasan // orang yang berbudi luhur
E.
Menurut cerita // ibu // Ratna // Hasan // orang yang berbudi luhur
EBTANAS-SMA-86-12
Kita
harus menurunkan pemain yang baik dalam suatu pertandingan. Kata
menurunkan dalam kalimat di atas berarti ...
A.
menyusun suatu permainan
B.
menempatkan dalam tim yang akan bertanding
C.
mengikutsertakan dalam rombongan
D.
mengatur para pemain yang baik
E.
pemain yang akan bertanding
EBTANAS-SMA-86-13
(1)
Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dari Kalimantan Barat.
(2)
Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga
(3)
Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat.
(4)
Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
Susunan
paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ...
A.
(2) – (3) – (1) – (4)
B.
(1) – (2) – (4) – (3)
C.
(3) – (2) – (1) – (4)
D.
(1) – (2) – (3) – (4)
E.
(1) – (3) – (4) – (2)
EBTANAS-SMA-86-14
Kewajiban
pemimpin diskusi adalah sebagai berikut, kecuali ...
A.
mempersiapkan garis besar diskusi
B.
membuka diskusi dengan mengemukakan rangkuman
C.
mengarahkan pembicaraan agar tidak menyimpang dari pokok masalah
D.
menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta
E.
menyimpulkan sendiri hasil diskusi
EBTANAS-SMA-86-15
Bentuk
alur sorot balik digunakan apabila pengarang bermaksud ...
A.
membayangkan cerita mendatang
B.
menerangkan cerita yang sedang berlaku
C.
mengemukakan khayalan
D.
cerita masa kini yang disisipi cerita masa lalu
E.
menerangkan peristiwa yang benar-benar terjadi
EBTANAS-SMA-86-16
Ketika
itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putih tipis melambai-lambaikan tangan ditiup
angin.
Kalimat
di atas menggunakan gaya bahasa ...
A.
litotes
B.
personifikasi
C.
hiperbola
D.
pleonasme
E.
klimaks
EBTANAS-SMA-86-17
1.
Kebebasan dan ketertiban itu ibarat dua sisi mata uang.
2.
Ia juga menilai, banyak budaya luar yang mempunyai dampak negatif terhadap anak
didik saat ini.
3.
Ini harus dipegang
4.
Dan mengingatkan, kebebasan yang dimiliki remaja masa kini hendaknya diimbangi
dengan ketertiban.
5.
Dan inilah tugas OSIS, sambung Fuad Hasan.
Kalau
kalimat-kalimat di atas dirangkaikan menjadi sebuah paragraf maka susunan yang
logis adalah ...
A.
(1), (2), (3), (4), (5)
B.
(1), (3), (4), (2), (5)
C.
(2), (1), (4), (3), (5)
D.
(2), (4), (1), (3), (5)
E.
(3), (1), (4), (2), (5)
EBTANAS-SMA-86-18
Fungsi
bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara tercantum di dalam ...
A.
UUD 1945 Pasal 33
B.
UUD 1945 Pasal 34
C.
UUD 1945 Pasal 35
D.
UUD 1945 Pasal 36
E.
UUD 1945 Pasal 37
EBTANAS-SMA-86-19
Kata-kata
di bawah ini tidak mengandung vokal rangkap (diftong ai), kecuali ...
A.
Ia mengatai tetangganya
B.
Ia belum dapat menyamai prestasi nasional
C.
Ibu menggulai kambing
D.
Kakak menemani adik ke pasar
E.
la mempunyai buku baru
EBTANAS-SMA-86-20
me
|
per
|
juang
|
kan
|
|
perjuangkan
|
||||
memperjuangkan
|
||||
Evaluasi
Belajar Tahap Akhir Nasional
Tahun
1987
Bahasa
Indonesia
PERANAN
PENDIDIKAN KESEHATAN
Tujuan
pendidikan kesehatan pada dasarnya ada 2 segi: (a) membuat orang merasa
bertanggung jawab atas kesehatannya sendiri dan kesehatan masyarakat; (b)
memungkinkan rakyat ikut serta dalam kehidupan masyarakat secara membangun dan
bertujuan.
Pendidikan
kesehatan harus memperhitungkan semua sikap budaya yang ada, kepercayaan dan
tingkah laku dalam cara hidup dan bekerja. Istilah "pendidikan
kesehatan" memberi kesan, seolah-olah hanya memperhatikan pengobatan
penyakit. Akan tetapi pengalaman membuktikan, bahwa itu tidak tentu merupakan
rangsangan yang membuat rakyat bertindak. Seringkali kerjasama dan ikut
sertanya masyarakat dengan nilai yang dianggap penting. Keterangan bahwa
malaria disebabkan oleh organisme kecil di dalam nyamuk yang membuat orang
demam, bagi mereka sama menakjubkannya dengan keterangan bagi ahli ilmu
pengetahuan bahwa roh jahat dan guna-guna menyebabkan penyakit.
Dalam
masyarakat demikian maka ucapan orang berpengaruh, pemimpin agama, atau orang
tua bijaksana, dapat merupakan dasar yang kuat untuk menerima faham baru atau
tingkah laku baru.
Di
bidang pendidikan kesehatan segi teknik, ekonomi, administrasi pendidikan
kesehatan teknik, ekonomi, administrasi, dan program anti malaria itu selain
luas juga rumit sekali. Tidak mungkin diadakan satu rumus yang berlaku untuk
semua keadaan, karena syarat-syarat, sumber perbekalannya, dan lain-lain
berbeda di tiap golongan masyarakat, tetapi tujuan dan sasaran pendidikan
kesehatan pada umumnya tetap sama.
Nilai
yang ada dan ukuran penilaian yang dipakai oleh masyarakat unsur-unsur yang
mungkin merupakan dasar guna menentukan kegiatan kesehatan dan kepercayaan
seringkali berbeda dengan yang dipakai oleh para petugas pemberantasan malaria.
Maka perlu sekali dipertimbangkan dengan seksama cara pendekatan yang digunakan
untuk menjamin kerjasama dan ikut-sertanya penduduk.
Dikutip dari
Baku Pelajaran Bahasa
Indonesia SMA
KLS III, Hal. 108
EBTANAS-SMA-87-01
Siswa
yang mengidap penyakit TBC, seharusnya melakukan hal-hal berikut, kecuali
...
A.
dianjurkan untuk berobat
B.
bersabar dan boleh bekerja keras
C.
tidak meludah pada sembarangan tempat
D.
berolah raga secara teratur
E.
merawat diri sesuai dengan anjuran dokter
EBTANAS-SMA-87-02
Semua
pernyataan di bawah ini sesuai dengan maksud judul wacana di atas, kecuali
...
A.
Kita harus bertanggung jawab atas kesehatan diri kita.
B.
Kita harus bertanggung jawab atas kesehatan keluarga kita saja.
C.
Kita turut bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat.
D.
Pemerintah turut bertanggung jawab atas kesehatan rakyat.
E.
Pemimpin agama turut bertanggung jawab atas kesehatan umatnya.
EBTANAS-SMA-87-03
Tema
wacana di atas terdapat dalam ...
A.
Paragraf pertama
B.
paragraf kedua
C.
paragraf ketiga
D.
paragraf keempat.
E.
Paragraf kelima
EBTANAS-SMA-87-04
Organisme
kecil dalam nyamuk aides egypti sebagai penyebab ...
A.
demam berdarah
B.
penyakit kaki gajah
C.
demam malaria
D.
penyakit muntaber
E.
penyakit AIDS
EBTANAS-SMA-87-05
Nyamuk
menyebabkan demam sama menakjubkan dengan roh jahat menyebabkan penyakit.
Pendapat
yang pertama dalam kalimat di atas menakjubkan ...
A.
ahli kesehatan
B.
para dokter
C.
orang kampung
D.
orang kampung dan dokter
E.
orang kampung dan ahli kesehatan
EBTANAS-SMA-87-06
Pendidikan
kesehatan mempunyai kaitan erat dengan hal-hal di bawah ini, kecuali ...
A.
membersihkan selokan di sekeliling rumah
B.
mengeringkan penampungan air di sekitar rumah
C.
menyediakan air bersih untuk masak dan mandi
D.
makan, minum, dan tidur secara teratur
E.
mencat rumah dengan kapur
EBTANAS-SMA-87-07
Wacana
di atas mempunyai tujuan mencapai hal-hal di bawah ini, kecuali ...
A.
Orang bertanggung jawab atas kesehatan.
B.
Rakyat berperan serta dalam kehidupan kesehatan masyarakat secara membangun dan
bertujuan.
C.
Orang kampung menghilangkan kepercayaan bahwa roh jahat sebagai penyebab
penyakit.
D.
Pemimpin agama dapat menerima faham baru atau tingkah laku baru.
E.
Petugas pemberantasan malaria berhasil mengikut-sertakan penduduk membuat
waduk.
EBTANAS-SMA-87-08
Imunisasi
berarti
...
A.
pengebalan
B.
pencegahan
C.
penularan
D.
pemberantasan
E.
penyuntikan
EBTANAS-SMA-87-09
Tema
wacana pada paragraf kedua adalah ...
A.
Malaria disebabkan oleh organisme kecil di dalam nyamuk.
B.
Ikut sertanya masyarakat didapat dengan menyajikan persoalan kesehatan.
C.
Pendidikan kesehatan hanya memperhatikan pengajaran kesehatan.
D.
Pendidikan kesehatan harus memperhitungkan semua sikap budaya.
E.
Pendidikan kesehatan berarti mengajarkan cara penularan, pencegahan, dan
pengobatan penyakit.
EBTANAS-SMA-87-10
Kesimpulan
isi wacana di atas adalah ...
A.
Pendidikan kesehatan akan berhasil apabila masyarakat turut merasa bertanggung
jawab.
B.
Keberhasilan pendidikan kesehatan bertanggung jawab pada petugas kesehatan.
C.
Penjelasan peranan pemimpin agama dan orang tua.
D.
Pendidikan kesehatan sangat luas dan rumit.
E.
Guna-guna dan roh jahat bukan sebagai penyebab penyakit.
EBTANAS-SMA-87-11
Perbedaan
perlakuan terhadap warga negara disebut dengan istilah ...
A.
dispensasi
B.
diskriminasi
C.
devaluasi
D.
determinasi
E.
desimilasi
EBTANAS-SMA-87-12
Diagram
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
|
cemburu
jatuh
sandar
lesu
lusuh
|
marah
jelita
sandang
jinak
kumal
|
mengamuk
jejer
sampar
terlena
usang
|
Evaluasi
Belajar Tahap Akhir Nasional
Tahun
1988
Bahasa
Indonesia
TATA NIAGA
PERKULITAN AKAN SEGERA DIPERBARUI
Pemerintah
di dalam waktu dekat akan mengevaluasi kembali kebijaksanaan tata niaga kulit
yang selama ini berlaku. Tujuan evaluasi antara lain dalam rangka peningkatan
ekspor kulit sebagai barang jadi, yang merupakan salah satu komoditi ekspor non
migas.
Berbicara
kepada wartawan usai meresmikan pameran kulit dan sepatu interaasional 1987 di
APHJ, hari Rabu Menteri Perindustrian Hartarto Sastrosoenarto lebih jauh
mengatakan, diperkirakan tata niaga baru perkulitan akan keluar sekitar bulan
Desember 1987. "Sekarang ini masih dalam penggodogan oleh departemen,
instansi maupun pihak yang terkait." tutur Menperin
Perkembangan
industri perkulitan di dalam negeri saat ini cukup menggembirakan. Hal ini
terbukti terjadi peningkatan nilai ekspor, yang pada semester pertama tahun
1986 baru tercatat sekitar 18,3 juta dollar AS, tahun berikutnya pada semester
sama melonjak sebesar 34,5 persen atau menjadi 24,6 juta dollar AS.
Produksi
industri kulit dewasa ini, kulit jadi sebesar 35,915 ton/tahun, sepatu kulit 26
juta pasang dan barang-barang kulit sebesar 3.680 ton. Pengajuan penanaman
modal sejak dikeluarkan peraturan mengenai tata niaga kulit bulan Oktober 1986,
cukup menggembirakan. Menurut Hartarto, pengajuan penanaman modal itu tercatat
Rp 34 milyar lebih. Rinciannya, untuk industri penyamakan kulit Rp 12,5 milyar
lebih, industri sepatu kulit Rp 17,56 milyar lebih dan industri barang jadi
sebesar Rp 3,8 milyar lebih.
"Hingga
saat ini industri kulit masih menarik bagi investor baik dalam maupun luar
negeri", tambah Hartarto.
Mesin
dan peralatan.
Dalam
kesempatan itu Menperin menyampaikan penghargaan kepada penyelenggara pameran
yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 28 - 30 Oktober 1987. "Lewat
pameran semacam ini akan merangsang para investor untuk menanamkan
investasinya, baik untuk pendirian pabrik maupuri ekspor", tutur Hartarto.
Industri
perkulitan yang memiliki bengkel, demikian Hartarto, sebagian telah
menghasilkan mesin-mesin dan peralatan/komponen utama untuk keperluan sendiri.
Industri tersebut tersebar di berbagai daerah, antara lain Jawa Timur, Jawa
Barat dan Yogyakarta.
Ia
menilai, dengan perkembangan kulit dewasa ini serta peranannya yang sangat
strategis dalam kegiatan perekonomian Indonesia, dapat dipastikan industri
perkulitan dapat berkembang mantap, dan merupakan salah satu komoditi ekspor
yang dapat diandalkan.
Berbicara
mengenai nilai ekspor Hartarto menyebutkan, "Peranan ekspor basil industri
terhadap ekspor nonmigas cukup besar". Peluang ekspor masih terbuka luas,
apalagi dengan apresiasi Yen, menguat-nya mata uang Korea dan Taiwan.
Dikutip dari:
Kompas Kamis, 29 Oktober 1987
EBTANAS-SMA-88-01
Tema
"Ekspor hasil industri cukup besar peranannya terhadap ekspor
nonmigas", terdapat pada ...
A.
paragraf kelima
B.
paragraf keenam
C.
paragraf ketujuh
D.
paragraf kedelapan
E.
paragraf kesembilan
EBTANAS-SMA-88-02
Perkembangan
industri perkulitan di dalam negeri saat ini cukup menggembirakan. Hal ini
disebabkan oleh ...
A.
adanya pengevaluasian kembali mengenai tata niaga baru
B.
adanya pameran kulit dan sepatu internasional 1987 di APHJ
C.
mesin dan peralatan perkulitan sudah lengkap
D.
kulit yang merupakan salah satu komoditi ekspor nonmigas
E.
terbuktinya peningkatan nilai ekspor
EBTANAS-SMA-88-03
Paragraf
yang membicarakan tentang investor masih tertarik terhadap industri kulit,
terdapat pada ...
A.
paragraf pertama
B.
paragraf kedua
C.
paragraf ketiga
D.
paragraf keempat
E.
paragraf kelima
EBTANAS-SMA-88-04
"Sekarang
ini masih dalam penggodogan oleh departemen, instansi maupun pihak yang
terkait." Kalimat tersebut maksudnya adalah ...
A.
Penggodogan tentang penyamakan kulit
B.
Penggodogan tentang tata niaga baru perkulitan
C.
Penggodogan tentang harga kulit ekspor
D.
Penggodogan tentang peningkatan mutu
E.
Penggodogan tentang modal
EBTANAS-SMA-88-05
Paragraf
kedua pada wacana di atas, bertemakan ...
A.
perkembangan industri perkulitan di Indonesia
B.
peresmian pameran kulit dan sepatu
C.
tata niaga baru perkulitan akan keluar sekitar bulan Desember 1987
D.
peningkatan nilai ekspor untuk masa mendatang
E.
pengevaluasian kembali kebijaksanaan tata niaga kulit
EBTANAS-SMA-88-06
Ada
macam-macam implikasi dari upaya restruktur-isasi itu. Mengupayakan agar
peranan ekspor nonmigas kita dapat ditingkatkan sedemikian rupa sehingga bisa
menggantikan peranan ekspor migas.
Maksud
kedua kalimat di atas dapat disederhanakan sebagai berikut ...
A.
Banyak cara untuk mencari pengganti migas sebagai bahan ekspor.
B.
Macam-macam implikasi untuk mengupayakan peranan ekspor.
C.
Restrukturisasi merupakan upaya ekspor nonmigas.
D.
Implikasi peranan ekspor nonmigas perlu ditingkatkan.
E.
Upaya restrukturisasi itu berupa penggantian peranan ekspor migas.
EBTANAS-SMA-88-07
Dari
10 buah kalimat tunggal diperhatikan frekuensi pemakaian jenis kata, hasilnya
seperti tampak pada grafik di atas. Pemakaian jenis kata mana yang
menggambarkan frekuensi yang tertinggi?
A.
kata keterangan
B.
kata sifat
C.
kata tugas
D.
kata kerja
E.
kata benda
EBTANAS-SMA-88-08
Deretan
kata di bawah ini yang mengandung istilah pertanian adalah ...
A.
anemia, populasi, nutrisi
B.
genjah, apotek hidup, pasca-panen
C.
habitat, kurva, diagram
D.
asembling, komponen, petani gurem
E.
tumpang sari, Pusdiklat, supervisi
EBTANAS-SMA-88-09
Kata
umum yang dipakai dalam bidang kesehatan yang berhubungan dengan kebersihan
lingkungan ialah ...
A.
imunisasi
B.
medis
C.
sanitasi
D.
steril
E.
klinisi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar